Our Blog

Cara Membuat Denah Rumah Sederhana Dalam Kondisi Bangunan Yang Sudah Ada


Rumah Sederhana - Sungguh


menyenangkan ketika kalian bisa membangun rumah sendiri dari nol. kalian bisa merancang dan membentuk rumah tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan keluarga kalian.


Memang usaha yang dikeluarkan lebih besar, begitu juga dengan bujet, dibanding bila membeli rumah yang sudah jadi dari pengembang. Tapi kepuasannya tentu berbeda.


kalian juga bisa membuat sendiri denah rumah, yaitu gambar yang menunjukkan lokasi-lokasi ruangan rumah. Lewat denah, kalian bisa memvisualisasikan ide-ide terhadap rumah idaman. 


Ternyata tak perlu keahlian khusus untuk membuat denah rumah. Ada cara membuat denah rumah yang mudah. Ikuti saja tahapan di artikel ini:


Berikut adalah langkah-langkah cara membuat denah rumah sederhana dalam kondisi bangunan yang sudah ada:


  • Ukuran luas bangunan

  • Buat sketsa kasar

  • Tentukan fungsi ruangan

  • Tentukan ukuran ruangan

  • Susun denah rumah sederhana

  • Tambahkan detail

  • Konsultasikan dengan ahli 

  • Memberikan tekstur sembagai pembeda


Baca Juga : desain rumah sederhana dua kamar dengan taman ditengah


  1. Ukur luas bangunan: Pertama-tama, ukur luas bangunan yang ada dengan teliti menggunakan alat pengukur. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui dimensi dan ukuran ruangan yang ada dengan lebih akurat.

  2. Buat sketsa kasar: Setelah mengetahui luas bangunan, buat sketsa kasar denah rumah sederhana dengan menggunakan kertas atau aplikasi desain. Sketsa kasar ini bisa membantu Anda untuk merencanakan letak ruangan dan perabotan secara sederhana.


  1. Tentukan fungsi ruangan: Setelah membuat sketsa kasar, tentukan fungsi ruangan yang akan dibuat. Misalnya, ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan sebagainya. Fungsi ruangan ini akan membantu Anda untuk menentukan letak dan ukuran setiap ruangan secara lebih terinci.


  1. Tentukan ukuran ruangan: Setelah menentukan fungsi ruangan, tentukan ukuran ruangan yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran bangunan. Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan ukuran perabotan dan memaksimalkan ruang yang ada.



  1. Susun denah rumah sederhana: Setelah menentukan ukuran ruangan, susun denah rumah sederhana dengan memperhatikan letak dan fungsi ruangan. Susun denah rumah sederhana ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi desain atau menggambar dengan tangan.


  1. Tambahkan detail: Setelah denah rumah sederhana sudah terbentuk, tambahkan detail seperti jendela, pintu, dan perabotan. Detail ini akan membantu Anda untuk memvisualisasikan denah rumah sederhana dengan lebih baik dan memudahkan dalam proses renovasi atau perbaikan.


  1. Konsultasikan dengan ahli: Sebelum memulai proses renovasi atau perbaikan, konsultasikan denah rumah sederhana yang sudah dibuat dengan ahli bangunan atau arsitek untuk mendapatkan saran dan masukan yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


  1. Memberikan tekstur sebagai pembeda : Jika Anda ingin memberikan tekstur yang berbeda pada beberapa ruangan, seperti dinding batu bata pada ruang keluarga, atau lantai kayu pada kamar tidur, berikan arsiran dengan arah yang berbeda.

Atau Anda bisa menggambar kotak-kotak untuk ruangan yang lantainya akan diberi keramik. Anda juga bisa memberikan detail lain, seperti ketinggian lantai atau ketebalan dinding.



Demikianlah cara membuat denah rumah sederhana dalam kondisi bangunan yang sudah ada. Ingatlah untuk memperhatikan detail dan mengukur dengan teliti agar hasilnya lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.


Baca Selengkapnya 

Model rumah sederhana terbaru 2023


No comments:

Post a Comment

Rumah Sederhana Bandar Lampung Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Powered by Blogger.