Our Blog

Model Rumah Sederhana Konsep Jepang



Rumah Sederhana Bandar Lampung,  Rumah sederhana konsep Jepang adalah salah satu desain rumah yang menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Desain ini dipengaruhi oleh tradisi dan budaya Jepang yang mengedepankan kesederhanaan, kebersihan, dan keteraturan. Rumah sederhana konsep Jepang juga dikenal dengan istilah "minka" yang memiliki makna rumah pedesaan tradisional Jepang.

Konsep rumah sederhana konsep Jepang biasanya mengusung tema minimalis dan fungsional. Desain rumah ini tidak menggunakan banyak hiasan atau dekorasi, melainkan fokus pada keindahan alam dan penggunaan material alami seperti kayu dan batu. Selain itu, rumah ini juga biasanya memiliki taman kecil atau halaman yang dapat dijadikan sebagai tempat relaksasi dan meditasi.

Definisi Rumah Sederhana Konsep Jepang

Rumah Jepang dikenal dengan prinsip desainnya yang berfokus pada bentuk sederhana dan ketenangan. Fitur ini sejalan dengan filosofi Zen, cara hidup orang Jepang yang bertujuan menghadirkan fokus dan ketenangan pada interior modern.  Konsep rumah Jepang dengan desain modern menekankan pada kehidupan yang bersih, sederhana, menjaga keseimbangan, bebas dari gangguan dan dekat dengan alam.

Meski menggunakan konsep modern, konsep rumah Jepang tidak pernah lepas dari unsur tradisional. Namun, konsep rumah Jepang yang sukses menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia. 

Simak ciri serta inspirasinya ini.

1. Adanya Elemen Wabi Sabi

Pernahkah Anda mendengar istilah filosofi wabi-sabi dari Jepang? Sempurna dan bahagia meski dalam ketidaksempurnaan adalah arti dari istilah tersebut. Filosofi hidup Jepang ini dikenal luas. Prinsip ini tidak hanya tercermin dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam bentuk dan konsep bangunannya.


2. Area Genkan Yang Dipertahankan

Hal ini menjadi salah satu sebuah ciri khas yang harus pada konsep rumah Jepang. Tak mengenal sebuah tipe bangunan, di dalam apartemen sekalipun pasti area genkan akan tetap dipertahankan.


3. Beratap Lebar

Bentuk konstruksi atap konsep rumah Jepang juga diperhatikan dengan seksama. Bentuk atap rumah biasanya didesain agar dapat mengalirkan air hujan yang deras dari atap rumah.

4. Berandanya Luas

Bentuk khas lain dari konsep rumah Jepang adalah adanya beranda yang luas. Beranda yang biasanya berupa koridor lebar dan panjang ini berfungsi tidak hanya sebagai penghubung antar ruangan individu, tetapi juga sebagai sekat antara ruang dalam dan luar ruang luar.


5. Kental Akan Unsu Alam

Budaya Jepang benar-benar menunjukkan cinta dan rasa hormat terhadap alam. Karena itu, unsur-unsur rumah juga sangat kental sifatnya. Dimulai dengan furnitur dan material bangunan yang menggunakan material alami seperti kayu atau bambu untuk memadukan tanaman dan air ke dalam rumah.


6. Menggunakan Tangga Tansu

Konsep perumahan di perkotaan Jepang umumnya terbatas. Untuk memaksimalkan bagian yang luas tersebut, konsep rumah Jepang ini dihadirkan dalam bentuk tangga tansu. Tansu merupakan tangga sekaligus lemari yang mudah dipindahkan sesuai kebutuhan penghuni.


7. Berkonsep Ruangan Terbuka

Bentuk rumah gaya Jepang dianggap ideal untuk digunakan pada berbagai jenis rumah, baik yang berukuran besar maupun kecil. Salah satu elemen yang terlihat dengan baik pada bentuk rumah bergaya Jepang modern ini adalah minimisasi dinding dan partisi yang disebut engawa.




Kesimpulannya, rumah sederhana konsep Jepang merupakan salah satu desain rumah yang memperlihatkan kesederhanaan, kebersihan, dan keteraturan. Desain rumah ini terlihat minimalis namun sangat memperhatikan fungsi dari setiap ruangan dalam rumah. Selain itu, penggunaan material alami seperti kayu dan batu juga membuat rumah sederhana konsep Jepang terlihat lebih alami dan ramah lingkungan. Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah dengan konsep ini,



Baca Juga:

Baca juga judul terbaru dari kami tentang Model rumah sederhana tradisional modern


No comments:

Post a Comment

Rumah Sederhana Bandar Lampung Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Powered by Blogger.