Our Blog

Berikut Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Rumah Sederhana Agar Aman

 



Rumah Sederhana- Rumah adalah tempat dimana kita tinggal dan menetap, berlindung dari pengaruh alam sekitar kita, dan juga tempat di mana kita mengistirahatkan diri kita setelah lelah melakukan aktivitas setiap harinya.Sebagai tempat kita menetap, melakukan berbagai aktivitas, serta beristirahat, rumah tentu saja memiliki beberapa fungsi penting.

  • Tempat kita berlindung dari pengaruh alam sekitar kita.

  • Tempat beristirahat setelah beraktivitas sepanjang hari.

  • Hunian tetap dimana kita juga melakukan aktivitas.

Sekarang ini, walaupun telah tersedia banyak sekali rumah siap huni yang dibangun oleh para developer, tetap saja sebagian orang masih lebih senang membangun rumah mereka sendiri, tentunya dengan selera masing-masing. Sebelum Anda mulai membangun rumah impian Anda sendiri.


Memiliki rumah yang aman adalah hal yang penting bagi kenyamanan dan keselamatan penghuninya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun rumah sederhana agar aman:


  1. Konstruksi rumah: 


Pastikan rumah yang dibangun memiliki konstruksi yang kokoh dan memenuhi standar. Konstruksi yang buruk atau tidak memenuhi standar dapat menyebabkan kerusakan pada rumah atau bahkan berbahaya bagi penghuninya.



  1. Material bangunan: 


Pastikan bahan bangunan yang digunakan berkualitas dan aman. Jangan menggunakan bahan bangunan yang murah namun tidak tahan lama atau berbahaya bagi kesehatan, seperti asbes atau cat yang mengandung timbal.


  1. Sistem listrik: 


Pastikan sistem listrik yang digunakan aman dan memenuhi standar. Gunakan kabel dan peralatan listrik yang berkualitas dan sesuai dengan kapasitas listrik yang dibutuhkan.


  1. Sistem pipa dan sanitasi: 


Pastikan sistem pipa dan sanitasi yang digunakan aman dan memenuhi standar. Gunakan pipa yang berkualitas dan jangan biarkan saluran air tersumbat untuk menghindari banjir dan pencemaran lingkungan.




  1. Keamanan: 


Pastikan rumah yang dibangun memiliki sistem keamanan yang memadai, seperti pintu dan jendela yang kuat, kunci yang baik, dan sistem alarm yang efektif.



  1. Ventilasi: 


Pastikan rumah memiliki ventilasi yang memadai, seperti jendela atau ventilasi buatan. Ventilasi yang baik dapat membantu mengurangi kelembaban dan memperbaiki kualitas udara dalam rumah.


  1. Menetukan Kusen


Cara kelima untuk Anda yang ingin membuat atau membangun rumah sederhana adalah menentukan kusen. Menentukan kusen sangat penting dalam membuat rumah, karena kusen akan dipasang terlebih dahulu sebelum Anda memasang pintu dan jendela rumah. Dalam menentukan kusen, Anda bisa menggunakan jenis-jenis kusen yang sudah banyak tersedia salah satunya yaitu kusen dari bahan uPVC.

Sama seperti pada pintu dan jendela rumah, penentuan kusen sangatlah penting. Ini karena fungsi kusen juga penting dalam pembuatan rumah. Dan juga karena kusen akan dipasang terlebih dulu sebelum pintu dan jendela.

  • Sebagai konektor/penghubung antar ruangan.

  • Sirkulator udara dan sinar matahari.

  • Membuat tampilan rumah lebih menarik.



  1. Sirkulasi udara: 


Pastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan kelembaban dan membuat penghuni rentan terhadap masalah kesehatan seperti alergi atau asma.


  1. Perencanaan kebencanaan: 


Pastikan rumah yang dibangun memperhatikan faktor kebencanaan, seperti banjir atau gempa bumi. Pilih lokasi yang aman dan bangun rumah yang tahan terhadap bencana.


Dalam membangun rumah sederhana, penting untuk memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan agar rumah yang dibangun dapat memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi penghuninya.


Baca Selengkapnya : Konsep desain rumah sederhana type kecil dengan mempertimbangkan kenyamanan ruang




No comments:

Post a Comment

Rumah Sederhana Bandar Lampung Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Powered by Blogger.